Kamis, 24 November 2022

Expressing Apology

 Expressing Apology: Pengertian, Contoh Ungkapan serta Dialog


Apakah kamu pernah melakukan suatu kesalahan atau kekhilafan? Apa yang kamu lakukan setelah menyadari kesalahanmu? Tentunya kamu akan meminta maaf.


Lalu bagaimana cara meminta maaf dalam Bahasa Inggris? Dalam bahasa Inggris, meminta maaf dikenal dengan expressing apology. 


Expressing apology adalah suatu ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan permintaan maaf kepada seseorang.


Contoh ungkapan dan respon


Berikut adalah beberapa ungkapan meminta maaf (expressing apology) yang dapat digunakan sehari- hari, beserta dengan responnya: 


I’m sorry

(maafkan saya)


I’m really sorry/ I’m very sorry

(saya benar- benar minta maaf)


That’s my mistake, I’m so sorry

(itu kesalahan saya, maafkan saya)


Please forgive me

(tolong maafkan saya)


I apologize for my mistake

(saya minta maaf atas kesalahan saya)


It’s my fault, forgive me

(itu kesalahan saya, maafkan saya)


I’m so sorry for my mistake

(saya benar- benar minta maaf atas kesalahan saya)


I’m sorry, I didn’t mean it

(maaf, saya tidak sengaja)


I must apologize for my mistake

(saya harus meminta maaf atas kesalahan saya)


I’m ashamed to admit that I made a mistake.

(saya malu mengakui bahwa saya membuat kesalahan)


Sedangkan respon yang digunakan, yaitu: 


That’s okay

(tidak apa-apa)


It’s fine

(tidak apa-apa)


Don’t worry about it

(jangan khawatir tentang itu)


Don’t say that

(jangan bilang begitu)


Don’t mention it

(jangan katakan itu)


Forget about it

(lupakan saja)


I forgive you

(saya memaafkanmu)


It doesn’t matter

(tidak masalah)


I can understand that

(saya memahami itu)


Never mind

(tidak masalah)


Contoh Dialog


Berikut adalah contoh dialog yang memuat ungkapan meminta maaf (expressing apology):


Joni: “Merry, I’m sorry I can’t come to your party yesterday”

Merry: “That’s okay, Jon. Don’t worry about that”

Joni: “I have to take my grandma to hospital yesterday”

Merry: “What happened to your grandma, Jon? Is she sick?”

Joni: “Yes, suddenly she got a terrible headache”

Merry: “Ohh… I hope she will be fine soon”

Joni: “Thank, she is better now”

Merry: “I’m sorry, I didn’t know that you have problem yesterday, Jon”

Joni: “That’s fine, Merry”


Terjemahan:


Joni: “Merry, maaf saya tidak bisa hadir di acara pestamu kemarin”

Merry: “Tidak apa- apa, Jon. Jangan khawatir tentang itu”

Joni: “Saya harus mengantar nenekku ke rumah sakit kemarin”

Merry: “Ada apa dengan nenekmu, Jon? Apakah dia sakit?”

Joni: “Ya, tiba- tiba saja nenek merasa sakit kepala yang luar biasa”

Merry: “Ohh… saya harap nenek baik- baik saja”

Joni: “Terima kasih, dia baik- baik saja sekarang”

Merry: “Maaf, saya tidak tahu kalau kamu ada masalah kemarin, Jon”

Joni: “Tidak apa-apa, Merry”


0 comments:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

Blogroll

About

Copyright © Pelajaran Online[RISA] | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com