Sabtu, 26 November 2022

Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah

 Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah

PENDAHULUAN
Komputer sekarang ini berbeda dengan model awalnya, semua komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur komputer ini disebut skema komputer (computer shematic).Penyimpanan komputer (computer storage) mempunyai dua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi integrated circuit untuk menyidiakan Random Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM), dan cache memory.
Keyboard adalah unit input komputer yang paling populer, dan efisiensinya telah ditingkatkan dengan alat penunjuk (pointing device). Namun, kontribusi yang lebih besar untuk mengurangi antrian input telah dibuat dengan otomasi data sumber.Input suara (voice input) yang sebelumnya dipandang sebagai solusi potensial atas masalah input, tidak sesuai harapan.
Para pemakai menyukai output yang ditampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat dapat dibuat oleh beragam printer dan plotterOutput yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi 2 kategori utama yaitu sistem dan aplikasi. Perangkat lunak sistem meliputi sistem operasi, program utility dan penerjemah. Perangkat lunak aplikasi dapat dibuat spesialis informasi perusahaan atau dibeli dalam bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak. Perangkat lunak jadi (Prewritten Software) mempunyai jenis pokok bisnis umum, khusus industri, produktivitas organisasional dan produktivitas personal.
Satu alasan untuk kepopuleran end-user computing adalah banyaknya perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user friendly). Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti panduan dialog (guided dialogue), penjelasan sesuai konteks (context sensitive) dan grafis antar muka pemakai (graphical user interface).
Akurasi pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input. Kesalahan input dapat dikurangi tapi tidak dapat dihilangkan seluruhnya dengan menyatukan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan kesalahan ke dalam rancangan sistem. Sebuah perkembangan dalam input dan output komputer adalah multimedia, yang mengkombinasikan berbagai bentuk presentasi visual dan audio

Komputer Sebagai Elemen Dalam Sistem Informasi
Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar disebut mainframe, dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah SupercomputerSupercomputer begitu penuh daya sehingga hanya berada dalam organisasi-organisasi yang sangat besar, dan terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah.
2.2. Arsitektur Komputer
Sebuah diagram unit dasar yang terdapat dalam semua komputer disebut skema komputer (computer schematic) dan telah ada sejak awal masa komputer. Unit-unit komputer yang disebut perangkat keras (hardware), biasanya dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel-kabel elektris.
Unit yang paling penting adalah Central Processing Unit (CPU), yang mengendalikan semua unit komputer lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer(primary storage), yang biasa disebut main memoryPrimary storage berisi data yang sedang diolah dan program yaitu suatu daftar instruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai satu sistem, dan Arithmatic And Logic Unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Nama processor digunakan untuk menggambarkan control unit dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer.
Satu atau beberapa unit input memasukan data ke dalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer kapasitasnya terbatas, diperlukan area penyimpanan tambahan yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder (secondary storage) menyediakan tempat untuk penyimpanan program dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak (software library) dan data yang disimpan disebut database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh unit komputer.
2.3. Penyimpanan Primer
Menurut Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 223] Penyimpanan primer ada dalam berbagai bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Bentuk tersebut adalah:
1. Random Access Memory
RAM adalah singkatan Random Access Memory dan merupakan nama yang diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data. RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis tetapi juga disebut mudah hilang (volatile) karena isinya hilang bila daya listrik dimatikan.
2. Read Only Memory
Jenis khusus dari penyimpanan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. Jenis ini disebut ROM (Read Only Memory). Instruksi dan data yang telah disimpan sebelumnya dalam ROM, tetapi anda tidak dapat mengubah isinya dengan menulis diatasnya.
3. Cache Memory.
Perpindahan instrukti program dan data antra penyimpanan primer danprocessor (unit pengendali ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi.
2.4. Unit Input
Menurut Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 224] ada lima cara dasar memasukan data kedalam komputer yaitu :
1. Keyboard
Unit input yang sangat popular adalah keyboard dari terminal atau komputer mikro. Keyboard memungkinkan memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat. Mirip mesin tik, sebagian besar keyboardkomputer dilengkapi dengan sejumlah tombol-tombol tambahan. Contohnya adalah numeric keypad komputer dilengkapi dengan sejumlah tombol yang tepat .
2. Alat penunjuk
Meskipun tombol tanda panah memungkinkan perpidahan cursor, banyak perangkat lunak moder yang dirancang untuk memanfaatkan alat penunjuk (pointing device). Alat-alat tersebut adalah mouse, trackball, touch screen, light pen, dan remote control.
a) Mouse adalah sebuah alat kecil dan ringan, kira-kira seukuran setumpuk kartu, yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan kekomputer dengan sebuah kabel halus, mouse memiliki bola kecil dibawahnya dan satu, dua atau tiga tombol diatasnya.
b) Trackball adalah sebuah alat penunjuk yang sama dengan mouse, tapi bolanya ada diatas, bukan dibawah. Karena lokasi bola tersebut, pemakai dapat menggerakkan cursor hanya dengan memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut. Kelebihan trackballdaripada mouse adalah memerlukan bidang diatas meja. Trackballsering terdapat di laptop.
c) Touch Screen adalah sebagian layar komputer memiliki kemampuan layar sentuh (touch screen) yang memungkinkan anda memasukan data atau instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi layar dengan menggunakan jari.
d) Light Pen adalah menggunakan untuk menunjuk layar seperti jari menunjuk pada layar sentuh. Ketika pena digerakan di atas papan khusus dengan cara yang sama seperti mouse, suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel halus ke komputer sehingga sinyal tersebut dapat diinterpretasikan oleh program.
e) Unit Remote Control adalah alat untuk dapat berkomunikasi dengan komputer seperti anda mengatur TV dengan menggunakan unit remote control genggam.
3. Alat Input Otomasi Data Sumber
Meskipun input komputer dapat dilaksnakan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan keyboard dan alat penujunjuk, kecepatannya lebih lambat daripada kecepatan komputer. Kecepatan inputmanusia diukur dalam jumlah karakter per detik atau kata per menit, sementara kecepatan pemrosesan data internal komputer diukur dalam jutaan instruksi per detik.
4. Alat Pembaca Optis
Alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang ditas data kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-selphotoelectric disebut unit pembaca optis atau scanner. Pendekatan inputkomputer ini disebut OCR atau Optical CharacterRecognition.
Ada beberapa kelas unit pembaca optis. Optical Mark Reader hanya dapat mendeteksi ada tidaknya suatu tanda di atas kertas.
5. Alat Pembaca Magnetis
Bentuk otomasi data pertama yang berhasil adalah Magnetic Ink Character Recognition (MIRC).
6. Alat Input Pengenal Suara
Sekarang memasukan perintah atau data kekomputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara ke dalam mikropon yang dihubungkan pada unit pengenla suara. Unit pengenal suara (Speech Recognition Unit) menganalisa pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
2.5. Unit Output
Hasil akhir dari semua proses komputer berbentuk outputBeberapa pilihan dasar, tampilan, cetakan dan suara.
1. Alat output tampilan
Alat output yang paling populer bagi pemakai adalah layar tampilan (display screen) juga disebut monitor, Cathode Ray Tube (CRT) atau Video Display Terminal (VDT). Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran komputer dan hampir selalu disertai keyboard.
2. Alat Output Cetakan
Kelemahan utama layar tampilan adalah ketidakmampuannya untuk menghasilkan salinan kertas, hard copy dari output. Salinan kertas merupakan pilihan atau bahkan keharusan jika:
a) Informasi harus dikirim melalui pos pos (misalnya faktur atau tagihan yang harus diposkan ke pelanggan).
b) Catatan historis diperlukan (misalnya daftar cek gaji bulanan)
c) Jumlah output relatif banyak (seperti laporan manajemen yang panjangnya beberapa halaman)
d) Beberapa orang harus menggunakan informasi yang sama pada waktu yang sama.
Alat output yang disebut printer menghasilkan output salinan kertas. Ada tiga jenis printer line, character, dan page.
a) Line Printer
Printer pertama disebut line printer karena mencetak dengan sangat cepat sehingga setiap kali tampak seperti mencetak satu garis. Line printermasih terdapat dalam konfigurasi mainframe dan beroperasi pada kecepatan 300 hingga 3000 baris per menit.
b). Character Printer
Character printer mencetak satu karakter pada saat itu juga, impact character printer yang paling populer adalah dot matrix printer, yang mencetak karakter dalam bentuk matriks dari titik-titik tinta.Nonimpact printer tidak memukulkan suatu obyek keatas pita bertinta. Nonimpact character printer mencakup ink jet printer yang menyemprotkan tetesan tinta keatas kertas untuk membentuk karakter dan laser printer yang menyebabkan tinta menempel pada kertas melalui proses electrostatic.
c). Page printer
Printer yang paling cepat disebut page printer karena printer tersebut tampak seperti mencetak suatu halaman sekaligus. Dari desktop printer yang mencetak empat sampai sepuluh halaman permenit hingga sistem besar yang menghasilkan 500 halaman per menit, semuanya merupakan nonimpact printer yang cara operasinya mirip mesin fotocopi.
2.6. Peran Alat Input dan Output Dalam Pemecahan Masalah.
Seorang manajer sering tampak menggunakan keyboard dan tampilan layar dan mungkin printer dan plotter dalam memecahkan masalah. Keyboard dapat dilengkapi alat penunjuk yang memudahkan perpindahan kursor. Alat input atauoutput ini menyediakan hubungan komunikasi antara manajer dan komputer dan karenanya berperan langsung dalam pemecahan masalah.
Bagaimana dengan hal yang lain? Alat otomasi data sumber memungkinkan pemasukan data yang cepat dan akurat, yang selanjutnya memungkinkandatabase yang akurat dan mutakhir. Alat input ini berperan tidak langsung dalam pemecahan masalah. Dengan cara yang sama, banyak alat output yang mempengaruhi pemecahan masalah secara tidak langsung.
2.7. Perangkat Lunak
Komputer diarahkan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dengan mengikuti instruksi-instruksi dalam program tersebut. Program tersebut harus berada didalam penyimpanan primer sebelum CPU dapat melaksanakannnya. Perangkat lunak komputer dapat dikelompokkan menjadi perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (System Software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Ada tigas jenis dasar perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi (Operating System), program utility dan penerjemah bahasa komputer (Language Translator)
a) Sistem Operasi
Sistem opersi mengelola proses komputer, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak memproses data perusahaan (perangkat lunak aplikasi) dan perangkat keras. Contoh sistem operasi untuk komputer yang lebih kecil adalah DOS (Disk Operating System), UNIX, Windows 95 dan OS/2. Ada enam fungsi dasar yang dilaksanakan suatu sistem operasi yaitu:
· Menjadwalkan Tugas : menentukan urutan pelaksanaan tugas dengan menggunakan prioritas yang ditetapkan oleh perusahaan.
· Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak : membuat program aplikasi pemakai yang dilaksanakan dengan menempatkannya dalam penyimpanan primer, dan kemudian membuat berbagai unit perangkat keras bekerja seperti ditentukan oleh aplikasi.
· Menjaga keamanan sistem : mengharuskan pemakai memasukan password yaitu sekelompok karakter yang mengidentifikasi pemakai sebagai yang berhak masuk ke dalam sistem
c). Page printer
Printer yang paling cepat disebut page printer karena printer tersebut tampak seperti mencetak suatu halaman sekaligus. Dari desktop printer yang mencetak empat sampai sepuluh halaman permenit hingga sistem besar yang menghasilkan 500 halaman per menit, semuanya merupakan nonimpact printer yang cara operasinya mirip mesin fotocopi.
2.6. Peran Alat Input dan Output Dalam Pemecahan Masalah.
Seorang manajer sering tampak menggunakan keyboard dan tampilan layar dan mungkin printer dan plotter dalam memecahkan masalah. Keyboard dapat dilengkapi alat penunjuk yang memudahkan perpindahan kursor. Alat input atauoutput ini menyediakan hubungan komunikasi antara manajer dan komputer dan karenanya berperan langsung dalam pemecahan masalah.
Bagaimana dengan hal yang lain? Alat otomasi data sumber memungkinkan pemasukan data yang cepat dan akurat, yang selanjutnya memungkinkandatabase yang akurat dan mutakhir. Alat input ini berperan tidak langsung dalam pemecahan masalah. Dengan cara yang sama, banyak alat output yang mempengaruhi pemecahan masalah secara tidak langsung.
2.7. Perangkat Lunak
Komputer diarahkan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dengan mengikuti instruksi-instruksi dalam program tersebut. Program tersebut harus berada didalam penyimpanan primer sebelum CPU dapat melaksanakannnya. Perangkat lunak komputer dapat dikelompokkan menjadi perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (System Software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Ada tigas jenis dasar perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi (Operating System), program utility dan penerjemah bahasa komputer (Language Translator)
a) Sistem Operasi
Sistem opersi mengelola proses komputer, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak memproses data perusahaan (perangkat lunak aplikasi) dan perangkat keras. Contoh sistem operasi untuk komputer yang lebih kecil adalah DOS (Disk Operating System), UNIX, Windows 95 dan OS/2. Ada enam fungsi dasar yang dilaksanakan suatu sistem operasi yaitu:
· Menjadwalkan Tugas : menentukan urutan pelaksanaan tugas dengan menggunakan prioritas yang ditetapkan oleh perusahaan.
· Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak : membuat program aplikasi pemakai yang dilaksanakan dengan menempatkannya dalam penyimpanan primer, dan kemudian membuat berbagai unit perangkat keras bekerja seperti ditentukan oleh aplikasi.
· Menjaga keamanan sistem : mengharuskan pemakai memasukan password yaitu sekelompok karakter yang mengidentifikasi pemakai sebagai yang berhak masuk ke dalam sistem

0 comments:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

Blogroll

About

Copyright © Pelajaran Online[RISA] | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com